Desain PERANTI MAKAN MASA KINI

Posted by

Budaya makan sudah sangat berkembang. Budaya makan tersebut juga mempengaruhi peralatan penunjang yang dibutuhkan. Gaya hidup internasional yang berlaku bagi masyarakat urban kalangan tertentu mengakibatkan olah desain peralatan makan menjadi modern dan indah.

PADA MASA LALU, terutama yang terdapat pada masyarakat agraris, peralatan makan dan minum cukup dibuat dari gerabah atau keramik, dari anyaman bambu, dari kayu dan bahan baku yang ada di sekitar tempat tinggal mereka. Perubahan zaman dan perkembangan teknologi menemukan bahan porselen, logam dan gelas, yang kemudian diikuti era plastik yang efisien dan murah. Pada puncak kemajuan pengolahan keramik porselen dan gelas, peralatan makan dari Eropa telah mengalami kemajuan desainyang pesat. Pada zaman jayanya kerajaan­kerajaan di Eropa terutama di Prancis dan di lnggris, untuk keperluan istana telah didesain peralatan makan dan minum dari porselen dan gelas bergaya klasik yang berkesan anggun. Kemudian peralatan makan dari porselen berhiaskan bunga-bunga dan gelas kristal dengan hiasan irisan yang berkilap dan cemerlang. Tempat lilin dan cutlery perak merupakan koleksi kebanggaan ibu rumah tangga keluarga kaya. Bahkan peralatan makan gaya ini hingga sekarang masih banyak yang suka.

Namun dengan perubahan gaya hidup masyarakat perkotaan yang lebih efisien dan praktis, peralatan makan dan minum untuk kalangan urban didesain khusus yang selain fungsional juga indah. Karena itu peralatan makan dan minum ini berfungsi untuk penghias meja makan atau meja teh dan koleksi ini sekaligus menaikkan gengsi pemiliknya.

Materi logam nirkarat diminati para desainer, karena kilapnya yang cemerlang serta pembuatannya yang praktis tanpa hiasan apapun.

Yang menjadikannya indah adalah bentuk, garis, proporsi dan kombinasinya dengan materi lain, misalnya gelas dan metal, dengan aksen karet ataupun poliyester. Sering pula walaupun bentuk dasar benda bergaya klasik, dengan menyederhanakan lengkungan menjadi garis yang streamline, menjadikan berkesan simpel modern. Contohnya sebuah tempat lilin berwadah tiga untuk aksesori meja makan sitting dinner yang dipadu dengan tempat garam dan merica bubuk serta ring serbet persegi dan sendok garpu berdesain simpel secara keseluruhan berkesan hitech, rapi dan modem.

Aksenwarna hitam, oranye, merah ataupun hijau sering dibubuhkan pada bagian atas atau bagian detail teko, tatakan atau tutup cangkir. Warna yang menarik dan nuansa warna yang khas menjadikan daya tarik khusus.

Dalam sentuhan desain, kombinasi antara kayu yang diolah menampilkan bentuk dasar dan kombinasi porselen berwarna putih yang berkesan natural dan bersih, terasa alami namun tetap berkesan modern.

Sebenarnya keunggulan dan keindahan penampilan peralatan makan dan minum yang gambarnya tertera di halaman majalah ini bukanlah pilihan materinya saja yang unggul, tetapi juga olahdesainnyaEkspresiyangmenghasilkan benda cantik tersebut karena para desainer produk memiliki kepiawaian dalam mengolah estetika Para desainer produk lebih kreatif dalam menghasilkan peralatan makan dan minum untuk memenuhi selera gaya hidup masa kini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *