Villa Dengan Desain RITMIK, Apakah itu?

Posted by

Desain tidak semata-mata lahir dalam konteks konseptual. la bisa lahir menjadi keteraturan yang sederhana dan mudah “dicerna”.

MELINDA SUTANTO tampak menjadi lebih kreatif ketika merancang salah satu unit vila di wilayah Jakarta Selatan. Ciri rancangannya mudah dikenal, tetapi karya yang ini terlihat lebih simpel, elegan dan cocok untuk kaum muda. Ia ingin memaksimalkan konsep bentuk yang mengikuti fungsi karena ukuran ruang-ruang yang terbatas.

Sebagai awal perancangan interior, pembentuk ruangan adalah ruangan itu sendiri. Pada dasarnya ruangan itu terbentuk atas pengolahan bidang vertikal dan horisontal. Bidang vertikal bisa berupa kolom atau dinding sedangkan bidang horisontal berupa lantai dan atap. Pada saat seluruh komponen itubelum terbangunsebaiknyaada kata kesepakatan tent ang model dan ukuranperangkatinterioryangakanmengisi ruangan.

Bagi Melinda, sebuah kenyamanan tidak diukur dari besarnya ruangan tetapi dari bagaimana membangun komposisi yang indah dari berbagai macam model furnitur dan perangkat interior lainnya. Ruangan yang nyaman dan indah tidak harus berupa ruangan yang lebar, luas dan tinggi. Baginya perancanganuntukvilainisebaiknyamempertimbangkanruanganyangtepatsesuaidenganfungsiruangagarmudahditata.

Perancangan dimulai dari pemisahan fungsi yaitu fungsi semipublik dan fungsi privat yang dibagi ke dalam beberapa zona. Zona tersebut kemudian menyatu dalam satu konsep desain yang mengandung ritme (irama). Ritme desain dikemas dalam pola­pola tertentu yang menampilkan keteraturan, tegas dan dinamis. Dalam hal ini pola yangdipilih oleh Melinda adalah tipe Susunan linear. Pola ini terlihat pada susunan furnitur yang diatur secara berulang dalam satu garis sehingga membentuk keteraturan antara satu barang dengan barang lainnya. Penggunaan pola ini juga ditujukan untuk arah pergerakan tertentu untuk membawa orang bergerak ke arah ujung ruang atau ruang yang ada di baliknya.

Susunan linear seperti ini memiliki karakter modern yang praktis dan kontemporer. Hal ini tampak mulai dari ruangan kerja yang ditempatkan dekat ruangan penerima (foyer) sampai rancangan kamar tidur. Bahkan teras belakang yang mungil memanjang menampilkan estetika linear dengan menerapkan pola garis-garis pada dindingnya. Dinding ini berfungsi sebagai wadah aliran air yang mengucur mengikuti kontur dinding sehingga memberikan suasana yang segar.

Ruangan kerja dan ruangan duduk keluarga pun tidak luput dari dinamika ritme linear meskipun tidak selalu menyeluruh yaitu pada bagian-bagian tertentu saja seperti dinding, jendela dan pintu sarong atau pada benda-benda peranti lunak (soft furnishing) seperti bantal sofa dan tirai serta kain pembungkus sofa (upholstery). Untuk rua­ ngan dengan bentuk persegi panjang atau bujur sangkar, diberikan pola jenis ini sehingga ruangan tampak kompak, rapi dan lebih hidup. Kesan kaku ruang kotak jadi lebih “bergerak” sehingga orang atau penghuni yang berada di dalam ruangan akan lebihaktif.

Pola ini berkelanjutan sampai ke dalam rancangan kamar-kamar. Contohnya rancangan kamar tidur utama. Melinda membagi kamar ini menjadi dua bagian. Bagian pertama yang di dekat jendela berfungsi untuk tempat tidur. Bagian ruangan ini padadasarnya memiliki ukuran sisi yang pas. Keuntungannya adalah penempatan tempat tidur yang simpel pun mampu memberikan karakter yang kuat pada ruangan.

Bagian kedua dari kamar tidur utama ini adalah ruangan kerja pribadi. Meja kerja dirancang dalam satu kerangkadengan partisi linear. Meja kerja praktis ini juga berfungsi sebagai pemisah ruangan tidur dengan kamar mandi dan ruangan ganti (wardrobe). Cukup praktis dan ditata dengan cermat. Seperti juga kamar tidurutama, kamar tidur anak diberikan aksen linear dengan penambahan lemari built-in. D engan penataan yang cukup maksimal, ruang-ruang privat ini bisa berfungsi dengan baik.

Pola rancangan beritme seperti yang diterapkan oleh Melinda Sutanti padaunit vila tersebut memberikan nilai tambah terhadap fungsi ruangan, keindahan dan kenyamanan huni.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *